I'rab Al-Qur'an Surat Al Kautsar
>> Monday, September 27, 2010
SURAT AL KAUTSAR
سورة الكافر
سورة الكافر
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
إِنَّا أَعْطَيْناكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ (3)
6
6
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni'mat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.
إِنَّا أَعْطَيْناكَ الْكَوْثَرَ
إِنَّا
(sesungguhnya kami)
إِنَّ adalah huruf nashab, mempunyai makna taukid/penekanan, sehingga diartikan sesungguhnya.
نا merupakan dhamir mutashil yang berarti نحن kami. mabni 'ala sukun, dalam kedudukan nashab, sebagai isim inna.
أَعْطَيْناكَ الْكَوْثَرَ
merupakan jumlah fi'liyah, dalam kedudukan rafa', karena merupakan khabarnya inna.
أَعْطَيْناكَ
(Kami berikan kepadamu)
أَعْطَي fi'il madhi, mabni 'ala sukun, karena masuknya نا, failnya dhamir muttashil نا mabni 'ala sukun, pada kedudukan rafa', karena merupakan fa'il.
كَ dhamir mutashil, dhamir mukhatab, mabni 'ala fathi, pada kedudukan nashab, karena merupakan maf'ul bihi pertama,
الْكَوْثَرَ
(nikmat yang banyak)
الْكَوْثَرَ maf'ul bihi yang kedua, manshub, tanda nashabnya adalah fathah.
diartikan dengan telaga di surga. shighatnya فوعل dari kata الكثرة .
kata Ibnu Abbas: maksudnya khairun katsirun = kebaikan yang banyak. yang juga dikatakan itu adalah nubuwah kenabian atau al qur'an.
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
فَصَلِّ
(maka shalatlah)
ف merupakan faa' isti'nafiyah.
صَلِّ merupakan fi'il amr/ kata kerja perintah, mabni 'ala hadzfu akhirihi/ disembunyikan akhirnya yaitu ي/yaa' yang merupakan huruf illat.
failnya adalah dhamir mustatir fiihi wujuban taqdirnya adalah anta.
لِرَبِّكَ
(kepada Rabb/Tuhanmu)
jar wa majrur mutta'aliq kepada صَلِّ
sedangkan ك adalah dhamir mutashil, dhamir mukhatab, mabni 'ala fathi, pada kedudukan jar, karena idhafiyah, yaitu mudhaf ilaihi dari kata رَبِّ
وَانْحَرْ
(dah berkurbanlah)
وَ wawu athaf, mengikut pada صَلِّ
انْحَرْ karena ma'thuf, maka i'rabnya mengikuti saja, fi'il amr, mabni 'ala sukun.
adapun makna النحر adalah menyembelih dengan berdiri, seperti menyembelih unta.
إِنَّ شانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ
إِنَّ
(sesungguhnya)
إِنَّ adalah huruf nashab, mempunyai makna taukid/penekanan
شانِئَكَ
(yang membencimu)
isim inna manshub, dan tanda nashabnya adalah fathah, sedangkan ك kaf merupakan dhamir muttashil, dhamir mukhatab, mabni 'ala fathi, pada kedudukan jar karena idhafiyah, maksudnya yaitu yang membencimu.
هُوَ الْأَبْتَرُ
(dia yang terputus)
jumlah ismiyah, pada kedudukan rafa', merupakan khabar inna.
هو huwa adalah dhamir rafa' munfashil, mabni 'ala fathi, pada kedudukan rafa', juga merupakan mubtada'.
الْأَبْتَرُ merupakan khabar dari هو, marfu' dengan tanda rafa' dhammah. yaitu tidak melahirkan, sehingga tidak mempunyai keturunan yang menyambungnya, sehingga terlupakan di dunia dan di akhirat.
I'rab Al-Qur'an Surat Al Kautsar.doc>
إِنَّا أَعْطَيْناكَ الْكَوْثَرَ
إِنَّا
(sesungguhnya kami)
إِنَّ adalah huruf nashab, mempunyai makna taukid/penekanan, sehingga diartikan sesungguhnya.
نا merupakan dhamir mutashil yang berarti نحن kami. mabni 'ala sukun, dalam kedudukan nashab, sebagai isim inna.
أَعْطَيْناكَ الْكَوْثَرَ
merupakan jumlah fi'liyah, dalam kedudukan rafa', karena merupakan khabarnya inna.
أَعْطَيْناكَ
(Kami berikan kepadamu)
أَعْطَي fi'il madhi, mabni 'ala sukun, karena masuknya نا, failnya dhamir muttashil نا mabni 'ala sukun, pada kedudukan rafa', karena merupakan fa'il.
كَ dhamir mutashil, dhamir mukhatab, mabni 'ala fathi, pada kedudukan nashab, karena merupakan maf'ul bihi pertama,
الْكَوْثَرَ
(nikmat yang banyak)
الْكَوْثَرَ maf'ul bihi yang kedua, manshub, tanda nashabnya adalah fathah.
diartikan dengan telaga di surga. shighatnya فوعل dari kata الكثرة .
kata Ibnu Abbas: maksudnya khairun katsirun = kebaikan yang banyak. yang juga dikatakan itu adalah nubuwah kenabian atau al qur'an.
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
فَصَلِّ
(maka shalatlah)
ف merupakan faa' isti'nafiyah.
صَلِّ merupakan fi'il amr/ kata kerja perintah, mabni 'ala hadzfu akhirihi/ disembunyikan akhirnya yaitu ي/yaa' yang merupakan huruf illat.
failnya adalah dhamir mustatir fiihi wujuban taqdirnya adalah anta.
لِرَبِّكَ
(kepada Rabb/Tuhanmu)
jar wa majrur mutta'aliq kepada صَلِّ
sedangkan ك adalah dhamir mutashil, dhamir mukhatab, mabni 'ala fathi, pada kedudukan jar, karena idhafiyah, yaitu mudhaf ilaihi dari kata رَبِّ
وَانْحَرْ
(dah berkurbanlah)
وَ wawu athaf, mengikut pada صَلِّ
انْحَرْ karena ma'thuf, maka i'rabnya mengikuti saja, fi'il amr, mabni 'ala sukun.
adapun makna النحر adalah menyembelih dengan berdiri, seperti menyembelih unta.
إِنَّ شانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ
إِنَّ
(sesungguhnya)
إِنَّ adalah huruf nashab, mempunyai makna taukid/penekanan
شانِئَكَ
(yang membencimu)
isim inna manshub, dan tanda nashabnya adalah fathah, sedangkan ك kaf merupakan dhamir muttashil, dhamir mukhatab, mabni 'ala fathi, pada kedudukan jar karena idhafiyah, maksudnya yaitu yang membencimu.
هُوَ الْأَبْتَرُ
(dia yang terputus)
jumlah ismiyah, pada kedudukan rafa', merupakan khabar inna.
هو huwa adalah dhamir rafa' munfashil, mabni 'ala fathi, pada kedudukan rafa', juga merupakan mubtada'.
الْأَبْتَرُ merupakan khabar dari هو, marfu' dengan tanda rafa' dhammah. yaitu tidak melahirkan, sehingga tidak mempunyai keturunan yang menyambungnya, sehingga terlupakan di dunia dan di akhirat.
I'rab Al-Qur'an Surat Al Kautsar.doc>
3 comments:
alhamdulillah sangat bermanfaat syukron katsir
Syukran katsiran jadi tahu kenapa di bacanya harus seperti itu
Ijin Copas ya, terimakasih
Post a Comment